Nahnu Anshorulloh

Top Ads

iklan banner

Selasa, 23 Mei 2017

7 Nasehat Syekh Fathi Abdurrahman saat di Leler


 
Nasihat-nasihat Syeikh Fathi Abdurrahman Al-Hijazi di PP. At-Taujieh Al-Islamiy Leler Randegan 16 Mei 2017

Sebagian poin penting nasihat Syeikh Fathi Abdurrahman Al-Hijazi Al-Masry yang bisa saya ingat (tanpa saya tulis karena tidak membawa alat tulis saat pengajian):

1. Ilmu-ilmu alat (nahwu, sha raf, ushul fiqh, dll) adalah kunci untuk membuka (makna-makna) Al-Qur'an dan Sunnah.

2. Rasulullah meninggalkan dua warisan Al-Qur'an dan Sunnah, namun Al-Qur'an menjelaskan bahwa pewaris para Nabi maka artinya Al-Qur'an dan Sunnah itu ada pada ulama, maka sepatutnya kita mengambil keduanya dari ulama.

3. Janji Allah kepada para walinya itu nyata. Maka barangsiapa yang memusuhi wali-wali Allah maka Allah sendiri yang menghadapi musuh-musuh para wali Allah itu.

4. Jika seorang murid ingin mendapatkan sebenar-benarnya ilmu maka murid itu harus berpegang teguh kepada Allah, maka Allah sendiri yang akan menurunkan ilmu itu melalui banyak jalan (tidak tertutup kemungkinan melalui jalan laduni)

5. Salah satu cara agar seorang murid mudah mendapatkan ilmu dari gurunya maka dia harus memperbaiki hubungannya dengan Allah, karena dengan menjaga hubungan baik dengan Allah maka Allah akan menjaga hubungan baik dengan orang-orang disekitarnya. Maka dengan ini jalan ilmu akan terbuka lebar.

6. Kiat menjadi guru sukses adalah dengan selalu menjaga ketakwaan, menjauhi maksiat, dan ikhlas mengajarkan ilmu karena Allah bukan karena upah/gaji. Karena sebagaimana kalam para ahli hikmah, ucapan yang bersumber dari hati nurani (ikhlas) maka akan masuk ke dalam hati pendengarnya. Namun jika seorang guru mengajar hanya karena mencari upah maka apa yang dia ajarkan hanya sampai ke telinga muridnya saja.

7. Ilmu adalah cahaya. Cahaya ilmu itu adalah Nur (cahaya) Allah. Maka cahaya itu tidak akan masuk ke dalam jiwa orang-orang yang bermaksiat.
Terakhir Syeikh Fathi memberikan ijazah matan Burdah Syeikh Al-Bushiri kepada para hadirin.

Hanya ini yang terekam di memori saya yang lemah ini. Semoga bermanfaat.

Ihsan Mabrur
===========

📷 @BanserBanyumas

#kiyaiku #pesantren #nahdlatululama #alanu #ayomondok #ulama #Ansor #ansorBanyumas #Banser #BanserBanyumas